Jeebesh B bersama Monica N dan Shuddha S membentuk Raqs Media Collective pada tahun 1992 di Delhi, India. Kata “raqs” dalam beberapa bahasa menunjukkan intensifikasi kesadaran dan kehadiran yang dicapai dengan berputar, berputar, berada dalam keadaan revolusi. Raqs Media Collective mengartikan pengertian ini sebagai ‘kontemplasi kinetik’ dan keterjeratan yang gelisah dengan dunia, dan dengan waktu. Raqs meminta benda-benda seperti automata harimau modern awal dari India Selatan, atau biskuit dari Komune Paris, atau cangkir yang diselamatkan dari kapal karam Mediterania kuno, untuk mengubahnya menjadi alat untuk mengendus dan merasakan waktu. Perangkat dikerahkan demikian untuk melakukan dalih sejarah dan pertanyaan filosofis. Praktek Raqs di beberapa media; membuat instalasi, patung, video, performance, teks, leksika dan kurasi. Anggota Raqs Media Collective tinggal dan bekerja di Delhi, India. Pada tahun 2001, mereka mendirikan program Sarai di CSDS New Delhi dan menjalankannya selama satu dekade, di mana mereka juga mengedit seri Sarai Reader. Mereka adalah Direktur Artistik untuk Yokohama Triennale 2020, “Afterglow” yang baru saja ditutup, di mana mereka mengembangkan sumber seputar toksisitas, kepedulian, dan kilau persahabatan.

 

Berikut adalah Video Ceramah Kunci: Praktik Seni Global dan Dekolonisasi oleh Jeebesh Bagchin pada Simposium Khatulistiwa 2022. Simak selengkapnya!